Contoh Bahan Bonsai berkualitas   Leave a comment

Tak bisa dipungkiri oleh kita semua, dan mau tidak mau kita harus bisa dan mau mengakui keunggulan para pebonsai luar negeri yang mampu menghasilkan sebuah bonsai yang spektakuler. Ini semua tidak terlepas dari nilai nilai kedisipinan masyarakat yang sangat taat akan aturan dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintahannya, semisal aturan untuk tidak menebang pohon sembarangan atau membuat izin untuk mengambil pohon di alam kepada fihak yang berwenang di sebuah tempat.

Dari kesadaran masyarakat itulah, maka keberadaan alam sekitarnya menjadi selalu asri dan lestari. Kerusakan alam bisa diminimalisir, sehingga keseimbangan ekosistem bisa selalu terjaga. Mari kita lihat contoh yang akan dipaparkan dibawah ini… saya sertakan foto penunjang.

Sebuah tempat yang diisi oleh banyak sekali pohon pinus dari jenis bristlecone yang sudah berusia sangat tua, deretan pohon pohon yang sudah banyak mengaami kelapukan tersebut masih tersimpan ditempatnya tanpa ada gangguan sedikitpun dari ulah tangan tangan jahil. Hal ini memberikan pemandangan yang sangat indah dan bisa dijadikan objek wisata alam gratis ditempatnya, bahkan tempat inipun menjadi sebuah lokasi untuk banyak para peneliti tanaman.

Deretan pohon pinus bristlecone di sebuah pegunungan mampu memberikan pemandangan yang sangat menarik

Keberadaan pohon yang merana ini dibiarkan tanpa diganggu, bukan mereka tega dengan kehidupan pohon ini…akan tetapi mereka membiarkannya demi ilmu pengetahuan. Ilmu yang didapat adalah ilmu tentang berapa tahunkah usia tanaman tersebut, dan apa yang mempengaruhinya. Mari kita bandingkan dengan di Indonesia, tentulah jika ada deretan pohon seperti ini…maka sudah bisa dipastikan bahwa pohon tersebut akan berakhir di sebuah tungku pembakaran.

Pada foto foto ini, terlihat jelas bahwa hutan pinus ini dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan perburuan para pecinta bonsai disana yang jelas sudah mengantongi izin untuk membawa atau berburu pohon yang sah dari pihak berwenang…tentunya tanpa suap menyuap.

Dari pohon ini bisa kita lihat bentuk asli bonsai alam yang diterpa keganasan alam selama ratusan tahun, sungguh merupakan sebuah keajaiban alam yang patut disyukuri.

Contoh pengambilan bonsai di alam yang sangat sopan santun, tempat asal tanaman tersebut di dokumentasikan. Mari kita lihat, bonsai yang akan di ambil tersebut sudah mempunyai bentuk atau gaya yang asli alam…sudah mendukung keindahan yang sangat memadai untuk disebut sebuah bonsai berkualitas.

Indahnya bentuk yang sudah dibuat oleh alam, dan alam pun telah mempersembahkan untuk diambil dan dinikmati.

Bahkan ranting kering yang sudah matipun tidak ada yang mengganggu…

Bahkan anjing pun tidak mau menggangu calon bonsai yang menempel di permukaan batu tersebut.

Inilah kiranya yang membuat hasil hasil bonsai luar negeri selalu mempunyai kualitas yang mumpuni, seandainya saja di Indonesia mampu seperti ini……

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: