Bonsai Style   7 comments

Han Kengai ( Semi Cascade )

Han kengai atau Semi Cascade adalah sebuah gaya atau bentuk bonsai yang sangat digemari oleh para pecinta bonsai. Gaya ini sudah sangat terkenal dan banyak yang menerapkannya dalam tanaman bonsai mereka. Berikut adalah gambar  atau bentuk bonsai Han kengai atau setengah menggantung.

Gaya ini menggantungkan sebagian badannya tanpa melewati bibir bawah pot yang menyangga nya, bentuk pohon seperti ini banyak sekali kita temukan di tepi jurang atau di permukaan lereng yang sangat terjal. Keindahan bonsai dengan gaya seperti ini sungguh sangat menarik, filosofi yang terkandung di dalamnya sangat kental dengan “kekuatan” pohon tersebut mengarungi “kehidupannya”, bahkan sering juga ditemukan pohon dengan gaya seperti begini di alam liar dengan usia yang sudah mencapai ratusan tahun.

Pohon jenis pinus dan cemara pada dasarnya lebih mendominasi pada gaya ini karena banyak sekali pohon dari jenis tersebut di alam “bergelantungan” di bibir tebing yang sangat terjal, dan biasanya tebing tersebut adalah tebing yang ber”unsur” batuan.

Bonsai dengan gaya ini sudah seringkali memenangkan kontes atau pameran Bonsai baik itu  tingkat regional ataupun international, hampir semua pohon bisa “memakai” gaya ini sebagai bentuk paduan yang pas jika sudah “puyeng” memilih bentuk pohon yang akan dijadikan bonsai.

Kiranya keterkaitan emosi antara pohon dan manusia yang membuat bonsai lah yang menjadikan sebuah pohon layak untuk disebut sebagai pohon yang “mumpuni”, penilaian juri dalam sebuah pameran bukanlah menjadi tolok ukur “pribadi” untuk menentukan sebuah kualitas dari seni bonsai. Karena bagaimanapun juga seorang juri bukanlah yang menciptakan tanaman, bentuk tanaman di alam bisa saja berbentuk aneh dan berbenturan jauh dengan kaidah dunia bonsai.

Jadi pada dasarnya bonsai adalah sebuah kreasi seni yang ” HARUS ” berpatokan kepada “Apa yang ada di alam”, buatlah bonsai anda senatural mungkin dengan memperhatikan bentuk percabangan, bentuk batang, dan bentuk tajuk daun, dimana unsur unsur tersebut sangat dominan dalam menciptakan sebuah nilai seni dalam dunia bonsai.

Posted Maret 16, 2010 by nugi234

7 responses to “Bonsai Style

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bonsai picture is marvelous

  2. permisi…. saya pemula butuh bimbingan untuk dasar2 bonsai…. trima kasih…. :-D

  3. salam knal kang nugi…apa media tanam buat hokianti pasir malang+ppuk kandang sdah ckup…apa hrus campur tanah…

    • Tempat tumbuh tanaman adalah tanah Mas Dop…. Jadi akan lebih baik jika masih diberi tanah sedikit saja agar hara yang ada masih bisa tersimpan di media tanahnya. Media tanah dipergunakan jika di daerah tersebut sulit didapatkan pasir malang dan pupuk kandang, jadi bonsai ditanam dengan cara tradisional.
      Semoga membantu Mas….

  4. mas nugi hama yg terdapat di bonsai saya berbentuk putih ,kadang” di dalam kulit batang nya … pembasmi apa yg bisa mebasmi hama itu….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: