Asam Londo   3 comments

Sosok pohon ini sedikit bersahabat dengan para penggemar bonsai, biasanya pohon ini banyak dijumpai sebagai pohon peneduh jalan. Pohon ini jika dibiarkan bebas bisa tinggi menjulang dengan batang dan cabang yang hampir tak beraturan. Banyak diantaranya pohon asam londo yang menjadi pohon peneduh jalan ini tumbuh merana akibat tidak pernah mendapatkan perhatian dari yang empunya.

Pada dasarnya pohon asam londo (pitchecolobium Dulce) ini tidak rewel dan tidak manja, namun jika “terlalu” dibiarkan maka dia juga akan merana. Pohon ini mempunyai banyak nama daerah, di jawa disebut asem londo, di sunda asem koranji. Pohon ini banyak sekali menggugurkan daun jika sedang kurang air yang memasok tubuhnya, cara ini hampir mirip dengan tanaman kayu jati.

Pohon asam londo mempunyai duri di batang cabang dan ranting, walau tidak setajam duri salak namun cukup untuk membuat tangan anda tergores. Perbanyakan yang bisa dilakukan adalah dari biji,stek batang dan cangkok. Perlakuan perbanyakan dari biji boleh dibilang lama, oleh karena itu untuk memangkas waktu banyak orang yang mencangkoknya. Pohon ini mudah sekali mengeluarkan akar jika dicangkok, oleh karena itu mencangkok pohon ini bisa berharap 100% berhasil. Pertumbuhan vegetatif tanaman termasuk yang cepat juga, oleh karena itulah banyak pemerintahan daerah yang menanamnya sebagai pohon peneduh.

Asam Londo (Pitchecolobium dulce) juga sangat baik bila dibuat menjadi bonsai, penampilan batang yang berkesan tua membuat tanaman ini banyak di cari. Pohon bonsai asem londo ini bisa menganut gaya bonsai hampir semua jenis, dari mulai kengai,han kengai,broom,sampai bunjin. Kenapa begitu? Karakter pohonlah yang membuatnya bisa memasuki segala macam jenis gaya bonsai.

Mengenai media tanam, sebetulnya sang bonsai ini tidak begitu menuntut perlakuan yang terlalu manghabiskan waktu, dia bisa saja dibiarkan tumbuh seadanya. Namun tentu jika mendapat perlakuan yang istimewa maka sang bonsai pun akan memberikan kita hasil yang terbaik. Hama tanaman ini cukup sedikit, paling hanya ulat atau hama penggerek daun saja yang bisa membuat daun menjadi bolong bolong.Sifat cabang dan rantingnyapun terbilang lentur dan mudah menjadi kaku ketika beberapa waktu lamanya mengalami “pengkawatan”.

Bonsai dari jenis ini sangat baik hasilnya, karena didukung dengan adanya daun yang bisa mengecil dengan kompak. Hasil terbaik akan didapat jika anda merawatnya dengan benar. Perhatikan drainase yang selalu menjadi penyebab busuk akar. Untuk masalah ini saya tidak akan banyak memberikan komentar yang terlalu panjang lebar karena saya yakin, jika anda punya bonsai dari jenis pohon ini anda akan merasa bangga karena telah mempunyai bonsai yang “mudah” jadi. Rajinlah menyiram tanaman ini agar tidak merontokkan daunnya.

Selamat berkreasi dengan asem londo ini, semoga bisa berhasil dengan baik.

Salam

Nugi Nugraha

PPBI Cab Tasikmalaya

Posted Maret 22, 2010 by nugi234

3 responses to “Asam Londo

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya salut untuk anda, karena setahu saya asem londo sudah banyak ditinggalkan oleh para pebonsai di Indonesia. Mereka banyak beralih ke santigi,wahong dan asem jawa.

  2. Pertama, saya ucapkan “Salam Kenal dari Wong Palembang”.
    Salut buat artikel tentang Asem Londonya, saya sepakat dgn bung Ricky Kaunang, Asem Londo banyak ditinggalkan para pebonsai. Gak mutu, tanaman murahan dll, itulah alasannya, tapi sebetulnya asam londo sangat potensial dan punya nilai aestetika cukup tinggi kalo dibuat bonsai. Saya sendiri punya bonsai asem londo yg usianya hampir 20 tahun, juga asem londo variegata 3 batang yg usianya rata2 hampir 20 tahun.
    Alangkah baiknya kita para pebonsai, terutama lewat PPBI kembali mengangkat jenis tanaman ini, sehingga “tanaman murahan” bisa terangkat harkatnya. Bravo….!

    • Ingatlah Brother,,,Asam londo itu adalah tanaman yang sangat eksotis…. Man mungkin akan saya lupakan, karena dulu saya punya pohon ini dan sudah terjual hingga saya bisa membeli sebidang tanah di kampung halaman.
      Bravo juga dari Tasikmalaya untuk wong Plembang… Salam buat keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: