Santigi   2 comments

Santigi, ya…Nama itu sudah tidak aneh lagi di dengar di telinga para pecinta bonsai tanah air. Sosok pohon yang satu ini sangat eksentrik dan sangat indah dipandang walau bentuknya tidak terurus, sungguh merupakan sebuah karunia besar bagi kita diberi oleh NYA tanaman yang membuat kita bisa men syukuri nikmat yang diberikan NYA.

Santigi adalah tanaman yang hidup di pantai, biasanya santigi hidup di atas bebatuan karang pantai, namun tak sedikit pula yang hidup di pasir pantai begitu saja. Santigi di akui sebagai bahan bonsai berkelas mahal, ini karena dukungan dari bentuk fisik tanaman yang sangat kompatible untuk dibuat menjadi bonsai.

keunggulan Santigi terletak pada bentuk batang yang indah yang mampu menampakkan kesan tua yang sangat mendalam hingga orang awam pasti akan mengatakan bahwa umur pohon tersebut sudah ratusan tahun. Bentuk fisik batang yang kasar dan banyak tonjolan serta ranting yang mampu dengan kompak memberikan dukungan pada keindahan fisik tanaman menjadikan tanaman ini mampu menduduki peringkat tanaman favorite para penggemar bonsai.

Santigi pun mampu menduduki peringkat atas didalam harga bahan maupun bonsai jadi. PPBI Cab Tasikmalaya mempunyai anggota sebagai penggemar santigi, santigi milik penghobi bonsai tersebut nampak sudah menjadi  sebuah ” Bonsai ” jadi, berikut gambarnya :

Bonsai tersebut tumbuh menempel di batu ( On the rock ), Bagi yang berminat terhadap bonsai tersebut…silahkan isi kolom komentar dibawah.

Memang…Santigi Is The Best Plant,

Namun, santigi tidak terlepas juga dari segala kelemahan. Kelemahan yang sangat menonjol adalah kurangnya kemampuan tanaman tersebut untuk bisa hidup di dataran tinggi. Itulah yang menyebabkan banyaknya penggemar menjadi kecewa berat…ketika dia membeli santigi dengan harga yang mahal, tapi ternyata tak mampu hidup dengan baik di tempat tersebut.

Santigi itu memang penuh dengan misteri…..

 

 

2 responses to “Santigi

Subscribe to comments with RSS.

  1. pak, tanaman santigi saya, daunnya rontok sudah lama, apa tanaman santigi saya sudah mati atau masih bisa diselamatkan pertumbuhannya untuk tumbuh lagi daunnya. bagaimana atau langkah-langkah apa saja yang saya harus lakukan untuk bisa tumbuh kembali? mohon bimbingannya pak.

    • Permasalahan nya sangat banyak sekali pak.
      – apakah tanaman santigi bapak daunnya sudah menguning dan kemudian berwarna coklat dan berjatuhan ? jika itu yang terjadi, maka sdh bisa dipastikan pohon bapak sudah menuju ambang kematian yang akan sangat sulit untuk diperbaiki kembali.
      Saya kurang mengetahui posisi bapak di daerah mana ? apakah tempat tinggal bapak di daerah tinggi ? itu jelas sangat bertentangan dengan habitat santigi pak yang menyenangi suasana panas dan sedikit mengandung air laut.
      Kalau masih tersisa sedikit daun, cobalah cara terakhir dengan menggugurkan semua daunnya, lalu siram tanaman kemudian tutup pohon dengan plastik sampai bibir pot…mudah mudahan panas yang dihasilkan bisa merangsang kembali kemuncullan daun baru.
      Terima kasih telah berkunjung..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: