Temukan Inspirasi di Jongko Tanaman   Leave a comment

Kadang kita sering merasa jenuh dengan banyaknya pekerjaan yang menumpuk di kantor…atau kadang juga kita jenuh berada di rumah seharian karena tidak ada aktivitas yangberarti. Sebagai penggemar Bonsai, sudah selayaknya kita memanfaatkan waktu luang tersebut untuk berburu bakalan bonsai…

Tapi,,,anda jangan dulu langsung mempersiapkan kapak atau tambang dan karung…bukan pula menyiapkan p[eralatan kemah atau kompas dan alat alaat pencinta alam lainnya…singkirkan itu semuanya.

Lantas ??? Ya, kita akan pergi ke Penjual tanaman hias yang banyak terdapat di sekitar kita. Penjual tanaman hias yang sekaligus menerima juga pembuatan taman tebing untuk di rumah rumah, biasanya di tempat penjual tanaman hias seperti itu juga menjual beraneka ragam tanaman keras yang khusus untuk taman.

Di jongko seperti itu biasanya terdapat hjuga pohon pohon yang bisa kita jadikan bonsai sperti Cemara udang, Pinus merccusi, Mirten, Azzalea, Soka,  Seribu Bintang, Cendrawasih, Cemara Buaya, Karet Taiwan sampai ke Cemara lilin. Tanaman tersebut jika kita perhatikan dengan seksama tentulah mempunyai bentuk yang unik dan masing masingnya tentulah tidak akan sama. Jika kita jelli, mungkin saja kita bisa mendapatkan sebuah pohon yang nantinya bisa mempunyai nilai seni dan estetika yang tinggi.

Cobalah anda berjongkok dan memperhatikan tanaman tersebut satu persatu denga sangat teliti, masukkan ke dalam fikiran kita tentang tanaman tersebut lengkap dengan … “Bagaimana ya jika saya buat tanaman ini dengan gaya Begini…”. Nah, satu harapan akan muncul setelah kita mencoba mengamati dengan serius tanaman tersbut…karena tanaman itupun pasti ” akan memberikan” sedikit pandangan untuk kita, bagaimana agar nantinya dia bisa tampil cantik dan menawan… Percayalah, tanaman itu akan memberikan kita sugestinya…apa yang dia mau.

Berburu bakalan bonsai di jongko tanaman hias sangatlah menguntungkan kita, selain kita ga perlu cape pergi kehutan atau ke kebun kebun orang misalnya, kita pun tidak akan dituduh sebagai perusak lingkungan hidup…tidak pula akan digigit oleh binatang berbisa yang jelas akan sangat mengancam nyawa kita. Belum lagi jika kita kehutan akan menghadapi bahaya tanah longsor…tersesat…dan yang lebih ekstrem lagi jatuh terperosok ke jurang yang tertutup daun kering pepohonan.

Berburu bakalan bonsai di jongko tanaman hias pun mempunyai sangat banyak manfaat, selain kita bisa mendapatkan bakalan dengan mudah…kita juga akan bisa menjalin hubungan baik dengan penjual tanaman tersebut. Ini bisa kita manfaatkan, agar dia ( sipenjual ) bisa memberi tahu kita jika dikemudian hari datang kembali pohon baru, bukankah itu merupakan suatu keuntungan ?

Nah, rekan semuanya…tulisan ini saya cukupkan dulu sampai disini. nanti saya sambung lagi dengan beberapa gambar penyertanya.

Salam bonsai

Posted Januari 18, 2011 by nugi234 in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: