Kengai/Terjun   7 comments

Bonsai kengai yang diartikan sebagai bonsai menggantung sangat banyak sekali penggemarnya, bahkan gaya ini sudah sangat tidak asing lagi bagi para pecinta bonsai. gaya ini menunjukkan filosofi yang sangat hebat yaitu menunjukkan ” kemampuan ‘ diri dalam mengarungi kehidupan di alam yang sedemikian kerasnya.

Lihatlah perbedaan dengan bentuk “han kengai”, Bentuk Kengai batangnya menjulur melewati bibir bawah pot. Gaya kengai memberikan keindahan tersendiri bagi bonsai ini, begitu nampak dengan sangat kental sekali filosofi kekuatan pohon dalam mengarungi hidupnya.

Seperti pada bonsai cemara diatas ini, kesempurnaan sebuah bonsai dengan gaya kengai begitu kental terlihat. Batang yang telah mengalami proses “Jin” menambah kesempurnaan filosofi bonsai itu sendiri, Bonsai ini nampak anggun dengan penampilan Kengai.

Namun anda jangan sekali kali menempatkan pohon dengan jenis Kengai ini di pot yang tipis dan lebar, karena bentuk yang ideal sebagai pohon menggantung akan hilang karenanya. Pohon bonsai dengan gaya kengai sangat cocok ditanam di dalam pot yang tinggi dengan asumsi bahwa pot tersebut adalah media tanam pohon itu di lereng gunung yang mempunyai permukaan yang terjal dan hidup menggantung di puncak tebing atau lereng tebing.

Bonsai dengan gaya ini pun telah banyak yang menjadi juara baik tingkat regional maupun tingkat internasional, untuk anda yang masih bingung mencari cari bentuk untuk pohon bonsai tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan gaya ini untuk bonsai anda. Namun perlu diingat juga, bahwa tidak semua jenis tanaman cocok menggunakan bentuk ini, oleh karena itulah anda bisa “survey” terlebih dahulu ke tebing alam yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan, apakah bonsai yang akan anda jadikan gaya kengai tersebut telah tersedia bentuknya di alam? jika anda tidak menemukannya maka lebih baik anda urungkan niat anda untuk membuatnya menjadi kengai karena ini hanya akan membuat pohon bonsai anda terlihat sangat aneh.

Posted Maret 16, 2010 by nugi234

7 responses to “Kengai/Terjun

Subscribe to comments with RSS.

  1. apakah pohon ulmus juga bagus unuk di buat gaya menggantung?.. terimakasih

  2. Kang Nugi …saya lagi seneng bonsai gaya terjun (cascade)
    pohon yg digunakan adalah asem masalahnya susah besar….

  3. gua banget ne…

  4. Kenapa yang kedua kok tidak tampak akar ….. media dan daun tampak subur tapi kayunya kok ada yang kering

    • Saya mengerti, mungkin anda berasumsi bahwa bonsai harus menampakkan akar tanahnya. Semua itu salah Mas Arif… Bonsai itu tidak harus selalu menampakkan akar tanah nya karena tidak semua pohon juga harus menampakkan akarnya di atas tanah.
      Untuk hal kesuburan pohon dengan sebagian kayunya yang mengering, itu sangat wajar karena di alam pun banyak sekali pohon yang hidup seperti itu. Seperti juga tanaman yang hidupnya menggantung di tebing tebing curam…. untuk membuktikkan hal itu, lebih baik anda berjalan jalan ke alam dan nikmati keindahan serta keanggunan bentuk pohon KENGAI.
      Selamat berkreasi…semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: