Katalog Tanaman Bonsai   10 comments

Mungkin pada dasarnya setiap orang telah tahu bentuk dan nama pohon yang bisa dibonsai, namun tidak semua juga orang faham dan tahu karakter pohon yang dibonsaikan nya. Seperti apa kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, itu pula yang terjadi pada dunia bonsai. Jika orang yang menanam pohon bonsai tidak tahu karakter asli si pohon tersebut maka pohon itu akan hidup merana yang sesungguhnya.

Oleh karena itulah saya mencoba membantu Apa adanya untuk pembaca semuanya, saya mencoba memberikan sedikit ilmu dan semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. semoga dengan adanya Katalog tanaman yang berisi ilmu tentang hidupnya tanaman tersebut bisa membuat anda mengenal lebih jauh tanaman yang sedang anda “manjakan” tersebut.

Namun dalam hal ini saya pun mohon maaf jika kiranya apa yang saya terangkan masih jauh dan sedikit banyak ada kesalahan baik itu dalam arti salah sebenarnya ataupun salah dalam tata cara penulisan, sekali lagi saya mohon maaf dan sudilah kiranya anda membenarkannya lewat kolom komentar agar pembaca yang lain bisa mengetahuinya secara cepat pula.

Terima kasih buat semuanya, selamat berkreasi.

Salam

Nugi Nugraha

PPBI Cab Tasikmalaya.

Posted Maret 20, 2010 by nugi234

10 responses to “Katalog Tanaman Bonsai

Subscribe to comments with RSS.

  1. SALAM PERSAHABATAN..
    Ide briliant mas Nugie! bener selama ini ada sedikit keraguan bagi kami pemula untuk memulai, mencari bahan bonsai, hingga indentifikasi, penamaan atas tanaman yang ditemukan..
    Katalog Tanaman Bonsai (KTB) mungkin ada legend, asal, nama latin ideal programnnya..Kami support untuk KTB ini, apalagi negara kita saat inimempunyai keaneka ragaman hayati terlengkap, dan kami mencoba untuk lebih apresiatif terhadap bahan-bahan bonsai lokal, hutan lokal Sumatera, sebagai bentuk konservasi hayati..
    BRAVO!!

    • Terima kasih boss atas kunjungannya, namun alangkah lebih baiknya ada sumbangan tulisan dari anda tentang pohon pohon yang ada di sekitar lingkungan anda di Sumatra sana, untuk saya posting di blog ini. Bagaimana? bisa bos?
      Terima kasih sebelumnya.
      Bravo juga untuk anda.

  2. Salam kenal mas nugi…….
    Saya adalah penggemar bonsai pemula dan juga baru belajar nge blog, dan saya mulai menulis dan mengumpulkan bahan untuk artikel tentang tanaman2 bonsai, karena berangkat dari pengalaman saya sebagai pemula sungguh kesulitan untuk mengetahui macam2 pohon yang cocok untuk bonsai, dan ternyata saya menemukan blog mas nugi yang sangat inspiratif khususnya bagi saya dan para pemula lainnya. Maju terus, dan saya akan terus menunggu mengikuti pembaruan Katalog Tanaman Bonsai berikutnya….

    • Mas Ariyanto, terima kasih atas kunjungan anda dan komentarnya. Dalam dunia bonsai itu sangat salah jika ada kata “pemula” dan “ahli”, tidak ada kata itu. Dalam dunia bonsai semua juga tetap belajar, karena bonsai sendiri adalah seni yang tak pernah berakhir. Jadi kita sendiri sebagai pecintanya harus terus belajar dan belajar.
      Mengenai katalog bonsai, Insya Alloh akan saya lengkapi lagi. Maklum kerjaan kantor yang menumpuk membuat saya agak keteter untuk blogging lagi. Mudah mudahan harapan Mas Yanto bisa saya penuhi.
      Salam buat keluarga.

  3. Hatur Nuhun pisan Kang Nugi…… Insya alloh agenda tahunan wanaraja IV, tetap ada mohon dukungannya…..

  4. Salam kenal..
    Saya mau belajar bonsai,saat ini saya sedang belajar mencintai tanamannya lebih dulu,mohon bantuannya..
    Terimakasih

  5. klo misalkan ga punya duit,. gmna caranya bsa punya bonzai???? hehehehe

    • Mas Wibowo,,,Pada dasarnya jika ingin mempunyai bonsai tidak harus mempunyai uang. Kita bisa dengan memulai hobi kita sebagai pecinta bonsai dengan bahan bonsai yang terdapat di lingkungan sekitar, misalnya dihalaman rumah Mas Wib ada pohon anak nakal dengan batang besar…coba pindahkan ke Pot bonsai dan dibentuk dengan gaya pohon tua yang sedang meranggas….bentuk cabang sesuaikan dengan kondisi pohon tua yang berarti cabang tidak mendongak ke atas alias agak merunduk ke bawah.
      Hal itu sudah cukup untuk memulai…atau bahkan jika di kota anda banyak terdapat pohon beringin besar di pinggir jalan, anda bisa mencari anakan pohon beringin yang menempel di sembarang tempat ( bisa di pinggir parit atau di tembok ) dan itu biasanya sudah berumur tua namun berbentuk pohon kecil. Nah, pohon tersebut bisa anda buat sebagai bonsai mame ( Kecil – 5Cm )dengan pot yang kecil pula.
      Nah, jadi ga ada alasan dong Mas Wib ga memulai hobi bonsainya dari mulai sekarang ????? Salam buat keluarga Mas Wib….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: