Anting Putri   29 comments

Berburu bahan bonsai di alam memang merupakan suatu hal yang sangat mengasyikkan terutama ketika otak dan pikiran kita sudah terlalu penuh dijejali dengan segala macam urusan kantor yang harus dikerjakan dengan segala tanggung jawabnya. Namun jika apa yang kita buru tersebut ternyata tidak tersedia, maka otak dan pikiran kita malah akan semakin bertambah mumet tentunya. Oleh karena itu saya sedikit menyarankan, untuk anda para pemburu bonsai di alam, jangan terburu buru untuk masuk ke rimba belantara, telusuri masing masing daerah di dalam kota, siapa tahu anda mendapatkan apa yang anda cari.

Anting putri (Wrigthia Reliosa Sp) adalah tanaman pagar dan banyak terdapat di kebun kebun penduduk, di bintan nama pohon ini terkenal dengan sebutan santalia, di jawa anting putri.

Tanaman ini adalah tanaman asli dari sekitar Batam, menyenangi daerah dengan cuaca yang agak panas sampai panas. Tanaman ini bandel dan tidak rewel dalam pemeliharaannya asalkan media tanamnya porous ( Drainase bagus).

Pertumbuhan pohon ini di alam tergolong cepat, jika ditanam di tanah penampilan anting putri tidak akan semenarik ketika pohon ini telah dipot kan. Penampilan anting putri sangat menarik dengan kemampuannya menonjolkan akar di permukaan tanah, dan ini sangat di idam idamkan oleh para penggemar bonsai. Selintas jika anda lihat batangnya lebih mirip ke jambu biji, dengan penampilan batang yang kokoh pohon ini sangat baik untuk anda jadikan sebagai bonsai. Batang cabang dan ranting pohon ini terbilang mudah sekali di bentuk, dan daun terbilang cepat untuk “dibuat” menjadi kecil.

Anting Putri bisa mempergunakan gaya bonsai yang manapun juga, dengan keindahan dan sosok pohon nya dialam maka bonsai anting putri berhak untuk menyandang semua gaya tanaman bonsai. Namun di alam pada dasarnya anting putri mempunyai gaya dasar Broom (sapu terbalik), namun anda jangan kuatir sekali lagi saya katakan bahwa anting putri bisa dibentuk dengan bermacam gaya.

Untuk mencari bakalan anting putri, carilah yang batang bawahnya “sudah main”, dalam artian batang bawahnya sudah memperlihatkan akar tanah, batang utama sudah mempunyai “loop” atau bengkokan batang dari alam, cabang dan ranting yang sudah banyak. Ini dimaksudkan agar anda membeli yang benar benar sudah mendekati ke arah Bonsai.

Nah, untuk anda yang mempunyai minat dengan tanaman ini hati hati dalam menempatkan bonsai anda. Jangan di tempat teduh ( Kecuali ketika baru ditanam di pot ) karena dia menghendaki sinar matahari yang banyak untuk melakukan proses fotosintesa.

Dan sekian dulu kiranya keterangan tentang Anting putri ini, (buat rekan rekan yang lebih nengetahui secara detail tentang pohon ini )jika ada yang masih kurang silahkan bisa ditambah di kolom komentar, nanti saya masukkan postingan anda tersebut.

Terimakasih dan

SALAM

Nugi Nugraha

PPBI Cab Tasikmalaya

 

BAHAN ANTING PUTRI YANG AKAN DIJUAL

BAGI YANG BERMINAT DENGAN KEDUA ANTING PUTRI DIATAS SILAHKAN LANGSUNG MENGHUBUNGI SAUDARA GUFRON DENGAN KONTAK PERSON Gufron A HP.085246514015

Posted Maret 22, 2010 by nugi234

29 responses to “Anting Putri

Subscribe to comments with RSS.

  1. setuju banget untuk artikel anting putrinya..
    1. apakah anting putri ideal jika diatas karang?
    2. apakah anting putri pas juga untuk grouping?
    trims..untuk jawabannya..bravo ppbi tasik malaya!!

    • Anting putri ideal jika diatas karang, namun jangan memakai gaya cascade ataupun semi cascade. Jika memakai gaya gaya tersebut akan terlihat janggal boss.
      Anting putri baik juga untuk di grouping,namun tajuknya jangan terlalu lebar. Pakailah pot tipis dan lebar untuk menanamnya.

  2. Thanks bos!

  3. boleh tanya mas, saya punya 1 buah tanaman ini dirumah, saya liat batangnya tegak keatas tapi daunnya banyaknya diatas, jadi menurut saya kurang sedap dipandang karena bagian bawah kosong melompong tidak ada daunnya.

    kira kira kalo saya potong batang kira kira 10 cm dari dasar tanah apakah akan tumbuh lagi daun-daunnya?

    terima kasih

    • Wah, sayang kalau dipotong Mas. kalau tinggi tanaman itu lebih dari 90 Cm potonglah hingga tinggi 90 Cm, jangan merusak media tanam nya atau menggantinya Mas karena akan merusak keseimbangan fisiologi tumbuhan tersebut. Jika nanti masih juga tumbuh hanya diatas saja ( Daunnya ) jangan bersedih hati. Kalau anda mau membuat nya sebagai bonsai, bentuklah dengan gaya BUNJIN. Anda bisa melihat literasinya masih di blog ini juga dengan sub halaman berjudul BUNJIN. Jangan di pangkas terlalu pendek Mas, sayang nantinya. Jikapun mau dipotong, potonglah secara perlahan atau sedikit sedikit.
      Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan. Terima kasih telah berkunjung

  4. Foto anting putri yg di sebelahnya ada kalengnya di jual tidak pak ? Harga ?

  5. Pak, foto anting putri dg kaleng sbg pembandingnya dijual atau tidak pak ? Harga ? Terimakasih

    • Waduh Mas,,,maaf sekali. Foto ini merupakan salah satu pembanding saja, karena foto anting putri yang ada kalengnya itu kaki kakinya sudah bagus sekali. Saya juga mendapatkan foto itu dari web yang lainnya. Maaf ya Mas, namun jika saya sempat menemukan website yang aslinya akan saya hubungi Mas…Ok mas, terima kasih sudah berkunjung.

    • salam , kenal saya juga penggemar anting putri mmg mantep jg. saya jg suka

      • Emang Mantap Boss…Berarti Punya bonsai anting putri ya Boss ? Nah saya minta fotonya dan kirim lewat email ya Boss….! Mau saya posting di blog ini, di tulisan anting putri ini, jadi banyak contohnya Boss….kirim ya Boss…

  6. ikut gabung

  7. berburu juga, bang… bogor cukup banyak bahan anting putri, cm untuk saat ini cari bahan yang besar di alam agak sulit sudah banyak yang buru jg

  8. saya punya anting putri daun kuning, masih dalam masa training. Boleh jika ingin di tambahkan tambahkan kedalam website ini, dengan email ke gufronall86@gmail.com ada juga beberapa macam mame yang simpel untuk di coba oleh pemula.

  9. Ide bagus tuh, kalau di jual kena berapa ya… hehehee… semakin banyak kita melihat semakin banyak juga ide yang muncul untuk membuat karya2 yang baru.

  10. wah…mantaaap anting putri nya

  11. malam Gan, salam bansai mania, mau nanya Gan untuk harga bonsai anting putri yang ada pot cat itu sampai berapa? tmksh, salam suksese selalu (www.informasi-usaha.com)

  12. Terdapat D hutan Mana Bunga Anting Putri Mas ,,,,,,,,,, ????????????? Soal-a kerjaan Saya Masuk Hutan Keluar Hutan Yg Ada Di Sumatra….

  13. tanya,,, biar anting putri daunnya rimbun, pake pupuk apa ya,,,
    thanks

  14. ada jual bakalan anting putri lho mas 120 juta bentuk elang terbang menerkam mangsa,original ngak diplintir,sebesar paha orang dewasa,,unique hpnya 081277111508

  15. mantap gan Anting putri (Wrigthia Reliosa Sp) n infonya …boleh share foto koleksi anting putri gw nggk? thanks

  16. Ping-balik: Bonsai Anting Putri Mame - Fashion dan Belanja Jadi Satu

  17. Ping-balik: Anting Putri Pohon - Fashion dan Belanja Jadi Satu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: