Buxus   10 comments

Tanaman ini merupakan tanaman asli luar negeri, Berdaun kecil percabangan yang rapat dan bentuk batang yang indah, menjadikan penampilan pohon ini sungguh eksotis.

Buxus mempunyai banyak sekali species, bahkan jika anda sering melihat film film luar negeri maka anda biasa melihatnya sebagai tanaman yang dibentuk menjadi kotak kotak. Biasanya bentuk kotak dalam taman ada di Inggris dan prancis. Mereka memang terkesan sangat kaku dalam membuat taman, seperti tampak pada gambar di bawah ini:

Dan taman tersebut berbeda jenis dengan di inggris walau hampir sama, namun Taman di inggris tidak begitu kaku dalam bern (belokan pagar tanaman) dan contohnya di bawah ini:

dan untuk pohon yang dipakaipun berbeda antara prancis dan inggris raya, Buxus sempervirens lebih banyak digunakan di prancis dan buxus microphylla digunakan secara umum di inggris raya. Sekedar memberikan gambaran, mari kita lihat perbedaan keduanya:

Di alam liar, di luar negeri sana, pohon buxus tumbuh liar dimanapun dia mau. tanaman ini disana tidak pandang bulu dalam pertumbuhannya. Bisa jadi di parit, pinggir sungai, tepi kebun atau bahkan di gunung gunung.

sebagai bahan perbandingan juga, disini saya coba sampaikan kepada anda bahwa buxus tidak hanya dua macam tersebut diatas saja. Berikut beberapa diantaranya pohon buxus yang bisa saya kumpulkan datanya:

Buxus diatas adalah dari jenis Buxus Microphylla

Buxus Microphylla “Faulkner”

Buxus Microphylla “Japonica”

Buxus Microphylla “Koreana”

Buxus sempervirens “Blauer Heinz”

Buxus Sempervirens “Emerald Pillar”

Buxus Sempervirens “Longifolia”

Buxus Sempervirens “Suffructicosa”

Buxus Sempervirens “Variegata”

Buxus Topiary

Dan untuk Buxus yang biasa kita pergunakan adalah buxus sempervirens. Namun beberapa literatur yang ada menyebutkan bahwa buxus yang kita pakai adalah buxus harlandy. Saya masih mengumpulkan informasi untuk keterangan itu. dan beberapa bonsai dari jenis buxus di bawah ini:

Postingan ini akan saya komplitkan lagi jika sudah mendapatkan beberapa informasi lainnya lagi. semoga bisa menambah wawasan anda tentang buxus yang sebenarnya.

Selamat berkreasi semoga berhasil

Salam

Nugi Nugraha Z.S

Anggota PPBI Cab Tasikmalaya.

Posted April 19, 2010 by nugi234

10 responses to “Buxus

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mas nugi, beberapa waktu yang lalu saya membeli tanaman yang sepertinya mirip dengan gambar buxus sempervirens varigata, tapi kata penjualnya namanya lingkip, apakah lingkip adalah nama lain dari buxus atau beda jenis ya, mohon informasinya ya,…thx

    • Mas Ariyanto, Mungkin tanaman lingkip yang anda maksud dengan daun berbentuk lebih mirip ke daun kemuning yang berjajar rapi, namun sepengetahuan saya, lingkip itu sendiri bahkan berbeda mulai dari genus nya. Jika sudah demikian tentu spesiesnya pun berbeda. Perbandingan nya seperti ini: untuk cemara saja begitu banyak jenisnya. Ada dari kelas Juniper, ada juga dari kelas Casuarina, Padahal keduanya kita namakan Cemara. Lingkip lebih ke tanaman lokal, sedangkan buxus sp berasal dari hasil introduksi dari luar negeri. lingkip di jawa banyak di tanam di halaman rumah sebagai hiasan, daun nya yang indah menjadi titik berat pandangan mata. Semoga hal tersebut bisa membantu, keterangan itu saya pernah baca di salah satu blog juga. Saya sendiri awalnya menyangka bahwa lingkip adalah buxus sempervirens Var. Akan saya coba untuk menggalinya lagi.

  2. Apakah lingkip juga bisa dipakai sebagai bakalan bonsai, Thx buat infonya mas, semoga sukses selalu

    • Lingkip cocok untuk bonsai, walau boleh dibilang kita harus sabar dalam merawatnya karena membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk bisa dinikmati. Proses pembesaran batang dan cabanglah yang menjadi kendala. Namun, jika anda kebetulan sedang berkunjung ke padang, disana ada satu daerah (saya lupa lagi nama daerahnya) dimana tanaman pagarnya adalah termasuk kelas Buxus juga. Batang pohon yang telah menjadi pagar itu sudah besar besar, sehingga cocok untuk dibuat bonsai. Oke, nanti saya coba cari tahu alamatnya ya, mudah mudahan teman saya masih ingat.

    • Mas Ariyanto, bisakah anda menanyakan kembali nama tanaman lingkip tersebut ke penjualnya (dalam artian saya ingin nama tanaman tersebut secara nasional). Saya khawatir salah dengan keterangan yang telah saya berikan informasinya kepada saudara. Apakah dia termasuk ke dalam genus Buxus atau bukan. Sebab jika saya salah memperkirakannnya, anda akan rugi karena telah berharap tanaman tersebut akan menjadi bonsai yang bagus. Demikian info dari saya, dan mohon ada penjelasan lebih lanjut untuk keterangan tentang tanaman tersebut. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  3. apkh cendrawasi masi 1 spiecies dngn buxus

    • Terima kasih telah berkunjung.
      Perlu saya luruskan disini, mungkin maksudnya bukan satu species tapi satu keturunan sifat tumbuh. Jika maksudnya seperti itu, jika dilihat dari sifat dan fisiologi maka boleh dikatakan Tanaman Ekor Cendrawasih ( ) adalah satu DIVISI dan SATU KELAS dengan Buxus Sp. Berikut saya sertakan juga Turunan nya .
      Klasifikasi Tanaman Ekor Cendrawasih (Phylanthus alternifolia)
      Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
      Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
      Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
      Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
      Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
      Sub Kelas: Rosidae
      Ordo: Euphorbiales
      Famili: Euphorbiaceae
      Genus: Phylanthus
      Spesies: Phylanthus alternifolia

      Klasifikasi Tanaman Buxus
      Kingdom :Plantae
      Division:Magnoliophyta
      Class :Magnoliopsida
      Order :Buxales
      Family :Buxaceae
      Genus :Buxus
      Species :B. sempervirens

      Semoga membantu Mas….
      Terima kasih telah berkunjung

  4. Kira2 dimana saya bisa mendapatkan bibit tanaman ini Pak?
    Mohon info.

    • Ok Kang Asrul…
      Apaka ada nomor telepon Kang Asrul ?
      Atau nanti saya hubungi lewat Email saja ya kang….
      Salam buat keluarga…..

    • Ok Kang Asrul..
      Nanti akan saya hubungi lewat Email saja ya Kang,,berhubung saya harus cari informasi dulu ke temen temen, siapa tahu mereka punya anakan nya…
      Salam buat keluarga …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: