Hokian Tea   9 comments

Posted Maret 22, 2010 by nugi234

9 responses to “Hokian Tea

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mantab!

    Jhon Piter Nainggolan
  2. Gambar foto bonsai yang tersaji sungguh sangat mengagumkan say. Saya ingin sekali belajar membuat bonsai tapi saya gak ada lahan. Karena udah tertutup plesrteran semen dan batu kali. Apakah saya masih bisa belajar membuat bonsai dengan lahan yang udah tertutup semen dan batu. Terus yang paling gampang untuk penmula bikin pohon apa. Terima kasih

    MUHAMMAD SHOFWAN
    • Mas Shofwan…
      Lahan bukan menjadi masalah dalam bonsai, karena justru Bonsai adalah untuk mengurangi penggunaan lahan. Untuk pemula anda bisa memulai ujian pertama membuat bonsai dengan jenis pohon Beringin ( Ficus benyamina ). Karakter pohon ini kkuat dan tahan banting, jadi diharapkan anda nantinya tidak akan menjadi stress jika pohon ini mati karena masih banyak tersedia dan sangat murah harganya ( Tapi kalau sudah jadi bonsai..harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah ).
      Terima kasih sudah mampir di Blog saya ini, salam buat keluarga…

  3. Kang nugi sy pemula di bonsai lagi mencari tahu soal bonsai, sy tertarik dgn sentigi krn karakter kayu ini. Apakah tepat sy memulai dgn jenis ini? Apakah ada suplier bonsai yg bisa di recommend , sy di bandung. Nuhun pisaann. . .

    • Kang Iwan, Untuk menjadi pebonsai yang tangguh..anda harus memulainya dengan yang mudah dulu saja. Pohon beringin bisa menjadi pilihan anda untuk yang pertama. Jangan melihat sosok nya sebagai beringin, pohon ini memiliki karakter yang baik untuk dijadikan sebagai “boneka” anda yang pertama. Karakter pohon ini unik dan indah, apalagi di Bandung..coba anda jalan jalan sekitar Viaduct atau jalan merdeka….disitu ada sungai dan di pinggir pinggir tembok sungai tersebut banyak sekali pohon beringin kecil dan jika anda beruntung…kang Iwan bisa menemukan Bonsai beringin Mame yang sudah jadi.
      Rekomendasi saya yang kedua, pohon cemara duri ( Juniperuss Chinnensiss ), di bandung banyak sekali yang bisa menjadi rekomendasi saya di antara nya kang Ivan sebagai pemasok cemara tersebut… jika anda punya FB, silahkan Anda ADD Saudara Ivan Doeloer…..Silahkan anda kontak dia, anda boleh curhat dan bertanya tentang bonsai..gali ilmu dari Kang Ivan, Orang nya baik…supel juga.
      Itu dulu mungkin rekomendasi dari saya Kang Iwan….
      Terima kasih sudah mampir di blog saya ini….

  4. salam kang nugi…klo bisa saya ingin menjdi anggota himpunan bonsai tasik… saya tinggal di subang belum bertemu rekan sam-sama pencita bonsai…saya mempunyai beberapa koleksi bonsai…dri bahan sampai stengah jdi bonsai…klo bisa buka room di akang untuk Tag koleksi bonsai anggota…terima ksih salam solidaritas bonsai….

  5. kang nugi saya arip dari bandung.mau tanya kang saya bingung nih kang pohon ada di rumah tapi saya bingung cari kawat buat pembentukannya sama pupuk yang bagus apa kang nugi punya rekomendasi buat saya d bandung…..

    hatur nuhun kang nugi…

    • Kang Arif Ysh…
      Akang coba jalan jalan ke Lembang Kang..disana ada satu sanggar yang penuh dengan bonsai cemara, sekalian akang menimba ilmu disana kang. Dijamin, mereka ga akan pelit ilmu kang. Disana juga banyak yang jual kawat bonsai dari mulai ukuran diameter yang kecil hingga yang besar..dari yang buatan dalam negeri hingga buatan luar negeri. Demikian juga pot.
      Pada dasarnya, bonsai adalah tanaman merana di alam..jadi bonsai adalah pohon yang kekurangan makanan. Tapi jelek juga jika bonsai hanya mempunyai satu atau dua daun.. Pupuk yang bagus tetaplah pupuk yang berasal dari alam, Kompos misalnya..atau pupuk yang terbuat dari tulang…atau bahkan pecahan kulit telur ayam yang bisa dicampurkan dengan media tanam berupa pasir malang. Semua bahan itu bisa dibeli di daerah lembang. Cuma saya lupa lagi nama penjualnya karena sudah lama tidak berkunjung lagi kesana Kang.
      Semoga bermanfaat… Jika kurang jelas, akang bisa sms saya di 0815-73-989891.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: