Sisir / Kaliage/Cudrania.c   2 comments

Siapa pebonsai yang tidak tahu akan keberadaan tanaman ini di dunia Bonsai tanah air, pohon yang dahulu hanya dicari karena sangat bagus sebagai bahan kayu bakar para penduduk di desa desa terpencil, kini telah hampir hilang di alam karena banyak sekali diburu oleh para kolektor atau pemburu bonsai jadi jadian. Pohon ini bahkan awalnya hanya dianggap sebagai gulma ( Pengganggu ) di kebun kebun cengkeh atau di kebun Albasia/ Sengon, namun kini…bahkan dicari dan banyak pula yang membibitkan tanaman ini karena mempunyai nilai ekonomis yang bagus, bahkan dibandingkan cengkeh yang harganya turun drastis dan sudah bukan lagi tanaman primadona.

Ya, tanaman SISIR/KALIAGE/ALIAGE/Cudrania chochinsinensis adalah sesosok tanaman yang berbentuk perdu/semak belukar dengan fisilogi tanaman yang sangat unik. Disebut unik disini adalah dari penampilan tanaman tersebut yang berwarna kuning cerah hampir ke orange, berduri banyak dan panjang serta kaku. Apalagi jika anda lihat warna perakarannya, siapapun akan berdecak kagum melihatnya.

Pohon ini sangat cocok sekali dibuat menjadi bonsai karena mempunyai karakteristik bahan bonsai yang bagus diantaranya :

– Mempunyai bentuk batang yang eksentrik belah belah kecil memanjang

– Mempunyai daun yang rimbun, berbentuk kecil dan daun ini bersifat sangat kompak serta sangat mudah dibuat mengecil.

– Karakteristik batang serta cabang yang mudah dibentuk, baik itu ketika tanaman di Wiring ataupun ketika dibuatkan Jin atau Shari.

– Mampu beradaptasi dengan baik ketika ditanam di pot karena mempunyai spesifikasi akar yang sangat dominan cepat pertumbuhannya.

Dengan keunggulan tersebut, pohon Sisir ini dulu sekitar tahun 88 sampai tahun 94 merupakan primadona pohon bonsai di Indonesia, jauh mengalahkan pohon wareng ( Gmelina Eliptica ) yang masih saudaranya.

Pohon Sisir ini banyak tumbuh dari ketinggian 4 Mdpl sampai ke 3/4 ketinggian puncak gunung, oleh karena itulah tanaman ini menjadi sangat populer karena pada waktu itu tanaman ini dengan sangat mudah ditemui dimanapun. Cudrania chochinsinensis ini ternyata mempunyai banyak kerabat, saya juga hanya baru menemukan 6 jenis species yang masih bersatudalam satu genus dengannya. Berikut beberapa species yang menjadi saudara dekat pohon SISIR.

Maclura chochinsinensis

Cudrania javanensis

Maclura pomifera

Maclura pomifera ini kerap sekali di sandingkan atau disamarkan dengan Cudrania chochinsinensis ( Sisir ) yang kita buat bonsai sekarang ini, karakteristik dan fisik tanaman yang kembar identik inilah yang mengaburkan penamaan tanaman. Berikut adalah gambar dari Maclura pomifera sp

Maclura tinctoria

Tanaman ini di negara negara afrika disebut sebagai “Ink Plant” karena jika di pijet pijet sampai hancur setelah itu di tangan akan terlihat hitam seperti kena tinta tulis.

Dan sedikit tambahan, Maclura Tinctoria ini kerap juga tersalah identifikasi menjadi Cudrania javanica.

Demikian beberapa karakteristik tanaman yang saya sebutkan diatas, semoga bisa menjadi sedikit referensi buat anda agar tidak terkecoh dengan penamaan daerah. Namun ternyata di dunia ini tidaklah ada yang sempurna, masih banyak juga dari kelas Cudrania yang belum teridentifikasi dengan sempurna.

Mohon kareksi jika ada kesalahan, terima kasih.

 

Posted Maret 22, 2010 by nugi234

2 responses to “Sisir / Kaliage/Cudrania.c

Subscribe to comments with RSS.

  1. hanya sebagai bahan diskusi bareng kang… boleh kan?… pada situs yang dilansir oleh IPB bahwa kaliage bernama latin Triphasia Trifolia Dc, berasal dari family Rutaceae. Ada kemiripan memang dengan sisir yaitu berduri dengan perantingan yang rapat namun Triphasia Trifolia Dc (Kaliage) memiliki batang berwarna kehijauan sampai hijau kekuningan. sedangkan sisir betul seperti yang akang bilang…. Kaliage mirip dengan Serut (Streblus Asper) dan sering salah pula diartikan penamaannya bahwa Kaliage adalah serut, perbedaannya tanaman Kaliage berduri dan memiliki daun yang mengkilap serta sangat eksotik. di Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan masyarakat menyebut Kaliage ini dengan serut…. mungkin karena tanaman ini bagi petani karet sering menjadi gulma dan membuat “serut” (menyemak/membuat berantakan kenun orang)….. hahahaha….. sewaktu kecil nenek saya sering maranh kepada kami dengan ucapan “nyerut bae gawe kamu ni”….. kurang lebih artinya membuat berantakan saja kerja kalian ini….🙂 …. mohon koreksi ya kang…. salam kenal dari kami…..

    • Salam Bonsai Brother…
      Senang Sekali rasanya bisa berdiskusi tentang Bonsai saudaraku. Saya menuliskan Naskah tersebut sudah berdasarkan beberapa literatur yang cukup kuat data basenya, karena saya khawatir bisa membelokkan fakta dan data. Dibawah ini adalah beberapa uraian tentang Triphasia Trifolia. Di luar negeri Triphasia Trifolia sering disebut sebagai Lime Beri, jika merunut pada penamaan lime…maka sisir ( Cudrania Sp ) jauh dari kelas Lime tersebut.
      Taxonomic name: Triphasia trifolia (Burm. f.) P. Wilson
      Synonyms: Limonia trifolia Burm., Limonia trifoliata L. , Triphasia aurantiola Lour. , Triphasia trifoliata (L.) DC.
      Common names: limeberry (English), orange berry (English), orangine (French), trifoliate limeberry (English), triphasia (English)
      Organism type: shrub
      Triphasia trifolia is a shrub that can grow up to 3 metres high. It has been introduced to many tropical and subtropical regions of the world where it is grown for its fruit. It is naturalised in many Pacific islands and can form almost impenetrable dense stands in the understorey.
      Occurs in:
      natural forests, ruderal/disturbed, scrub/shrublands
      Geographical range
      Native range: Southeast Asia and Malaysia.
      Known introduced range: Widely cultivated and naturalized in the Pacific (Commonwealth of the Northern Mariana Islands, Federated States of Micronesia, Fiji, Guam, Hawaii), in the the Caribbean (Guadeloupe, Martinique, St. Barthelemy, St. Martin) and in the Indian Ocean (La Réunion) (PIER, 2007).

      http://www.issg.org/database/species/ecology.asp?si=1331&lang=EN‎

      Mungkin Kingkip akan lebih mendekati Brother….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: