Ulmus   3 comments

Uuugh, akhirnya dpet juga keterangan yang mendukung tentang Ulmus yang bisa kita jadikan bonsai ntu. Gile banget ternyata susah juga ya cari cari species Ulmus yang sekerabat dengan Ulmus yang suka kita jadikan bonsai. Namun saya tetap akan mencarikannya untuk anda demi kemajuan bonsai tanah air.

Ulmus diluar negeri itu disebut sebagai Elm, pohon ini sudah sangat familier di perkotaan atau diperkampungannya orang luar negeri. Bahkan pohon Ulmus banyak dilestarikan oleh mereka karena ke-anggunan nya.

berikut adalah beberapa jenis Ulmus yang bisa saya kumpulkan datanya :

Klassifikasi taksonomi :

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Magnoliophyta

Family : Ulmaceae

Genus : Ulmus

Species : Masukkan satu satu ke sini, karena semua species yang tercantum di bawah ini sama (Seketurunan)

Daun Ulmus

Dan beberapa Species nya Adalah :

Ulmus minor

NB: Ulmus minor ini masih mempunyai kekerabatan lagi yang berada di bawah keturunan species nya, beberapa diantaranya saya sebutkan ya : U.Campestris Var.Glabra, U.Campestris Var,Laevis, U.Carpinivolia, U.Coritana, U.Voliaceae, U.Minor suberosa.

Ulmus procera

U.Procera ini hanya tumbuh di negara Spanyol, Inggris raya, Italia dan belanda. Di negara tersebut Ulmus mendapatkan hati di masyarakat karena ke gagahan “batangnya” dan dipergunakan sebagai pohon peneduh sekaligus penyegar lingkungan perkotaan.Tanaman Ulmus Procera ini mempunyai juga kekerabatan yang satu keturunan dengannya yaitu : U.Atinia, U.Campestris, U.minor Var.Vulgaris, U.Sativa

Ulmus Holandica

Ulmus ini mempunyai juga kerabat yang seketurunan, yang mempunyai sifat yang sama persis dengannya. diantanya adalah U.Batavina dan U.Belgica serta U.Campestris minor dan U.Montana Var Glabra

Ulmus americana

U.Americana ini tumbuh di Florida dan Canada, tumbuhan ini disenangi karena digunakan sebagai pohon peneduh yang terlihat gagah. Lagi lagi Ulmus yang satu ini mempunyai banyak sekali kerabat yang satu keturunan dengannya ( sub species ) yaitu :Ulmus alba, Ulmus americana, Ulmus americana L. f. alba, Ulmus americana L. f. ascendens, Ulmus americana L. f. columnaris, Ulmus americana L. f. intercedens, Ulmus americana L. f. laevior, Ulmus americana L. f. pendula, Ulmus americana L. f. viridis, Ulmus americana L. var. alba, Ulmus americana L. var. aspera, Ulmus americana L. var. aurea, Ulmus americana L. var. bartramii , Ulmus americana L. var. floridana, Ulmus americana L. var. glabra, Ulmus americana L. var. pendula, Ulmus americana L. var. scabra, Ulmus dentata, Ulmus floridana, Ulmus mollifolia, Ulmus obovata , Ulmus pendula Ulmus pubescens dan ULMUS LANCAEFOLIA yang biasa kita buat sebagai bonsai.

Demikian kiranya yang bisa saya bagi buat rekan rekan semuanya, tentulah dalam penyusunan ini saya yang nulis agak puyeng juga menempatkannya. Namun setidaknya ada sedikit gambaran buat anda sekalian tentang species dari Ulmus yang kita buat bonsai.

Akhirnya semoga bermanfaat aja deh ya………………

 

 

Posted Maret 22, 2010 by nugi234

3 responses to “Ulmus

Subscribe to comments with RSS.

  1. kok kosong yah?

  2. wah, hebat pak. tambah serius sejak pertama saya lihat beberapa bulan lalu. penelusuran tanaman sampai ke sub species ini membuat saya salut.

    Salah satu kendala di kalangan pebonsai kita ialah penempatan nama latin. Banyak diantaranya yang “asal tembak”. Mungkin bagi organisasi bonsai di tanah air (khususnya bagian litbang) perlu perlu anggaran khusus untuk identifikasi tanaman. Mengirimkan contoh spesimen ke herbarium bogoriense misalnya. Upaya ini diperlukan agar apabila kita melakukan dokumentasi dapat mencantumkan nama jenis dengan tepat. Beberapa tanaman diduga memiliki varian lebih dari satu contohnya sancang/wahong, santigi, dll. Mungkin juga jeruk kingkit. Tapi sementara ini kita hanya menduga-duga dari melihat ciri fisiknya.

    Trims, pak. Tulisan ini sangat menggugah.

  3. Trim`s pak Arsyad, saya juga semakin serius setelah banyak sekali dukungan kepada saya sesama rekan di PPBI Tasikmalaya agar mencantumkan keturunan sebuah pohon yang bisa di bonsai. Oleh karena itulah saya juga berfikir “kenapa tidak?”, maka saya juga bertekad untuk membuat para penggemar bonsai ( Siapapun itu..masuk atau tidaknya menjadi anggota organisasi ) menjadi tahu species yang ada.
    Dukungan dari anda sangat saya harapkan Pak Arsyad…salam untuk keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: