Tips Dan Trik   12 comments

Pada halaman dibawah ini, anda akan saya bawa menuju dunia tips dan trik seputar Bonsai. Tips dan trik ini bukan hanya pengalaman pribadi saja, namun saya campurkan dengan pengalaman pengalaman orang lain dan teman teman saya.

Beberapanya akan saya bahas dihalaman bawah, selamat menyimak.

Posted April 7, 2010 by nugi234

12 responses to “Tips Dan Trik

Subscribe to comments with RSS.

  1. bagaimana cara membentuk kaki kawista yg sempurna?

    • Cara membentuk kaki kawista sebetulnya tergantung kita yang akan membentuk pohon tersebut, namun pada dasarnya membentuk kaki kawista (apalagi jika pohon anda hanya berbatang diameter kurang dari 5 Cm) tidaklah begitu susah. Beberapa dari kami sudah mencobanya dengan memecah batang tepat diatas pangkal akar hingga batangnya sendiri terpecah menjadi beberapa bagian (bisa 5 bagian atau lebih -biasanya bisa sampai delapan bagian) setelah itu tanam kembali pohon tersebut dan berilah media tanam yang terbaik agar pertumbuhannya bagus sehingga akan dengan cepat batang membesar dan luka pecah pada batang tersebut akan segera pula tertutupi sehingga akan terlihat batang bawahnya telah menjadi besar dengan cepat.
      Ketika anda menanam kembali pohon tersebut setelah dipecah batangnya, usahakan agar membuka sedikit pecahan batang tersebut sesuai dengan keinginan anda seberapa besar batang bawah yang anda inginkan nantinya.
      demikian saya sampaikan,semoga bermanfaat.
      Terima kasih telah berkunjung, salam buat keluarga Mas.

  2. Salam kenal, saya pemula dalam hal bonsai, saya ingin bertanya tips dan trik tentang seputar pohon serut, saya berulang kali mengambil serut dialam didaerah saya, tapi setelah saya tanam banyak yang mati, kalau nggak pohonya membusuk ya pohonya dmati layu kemudian mengering, mohon bantuanya, terima kasih

    • Saya Rasa anda menanam pohon pada media yang terlalu keras atau bahkan mungkin juga terlalu porous. Serut lebih baik di cangkok saja, karena perakaran yang etrbentuk akan lebih mudah beradaptasi.
      Semoga membantu…

  3. Boz.apakah serut,bisa ditanam dg cara stek btg? bgmana cara tanamnya? Aku ada pandangan pohon serut yg cabangnya sebesar lengan org dewasa

    • Jika yang akan di stek sebesar lengan orang dewasa, saya rasa lebih baik di cangkok saja. Selain lebih terjamin, perakaran yang dihasilkan dari cangkokan akan lebih mudah beradaptasi, sehingga anda tidak akan mengalami resiko kehilangan tanaman. Pada dasarnya bisa saja serut sebesar lengan untuk di stek, namun resiko kegagalan atau busuk akar sangat tinggi sekali.
      Semoga Berhasil ya…

  4. mas mo nanya,gimana caranya supaya batang kawista cepat bercabang?(agus asrama arhanudse-14)

    • Media Tanam Yang anda pakai ganti dengan lebih pourous, lebih mudah akar masuk maka akan semakin mudah akar menembus tanah untuk mendapatkan hara yang nantinya akan dipergunakan oleh tanaman sebagai “tenaga” untuk membentuk cabang baru. Perlakuan dengan mengerat cabang pokok atau dahan, hanya akan menimbulkan stress pada tanaman dan bisa menimbulkan infeksi akut pada pohon jika alat yang dipergunakan tidak steril.
      Semoga Berhasil Mas Bro…

  5. mantap

  6. Mas, saya punya bonsai beringin, tapi kok akar dahannya ( akar udara ) gak mau tumbuh mas. cara numbuhinya gimana mas ??
    Atas jawaban mas, beribu terima kasih

    • Akar Gantung adalah akar yang menopang kehidupan pohon ketika akar pokok sudah terlalu panjang untuk mencari hara. Namun untuk mengeluarkan akar tersebut mudah saja mas. Ada beberapa cara untuk melakukannya :
      1. Taruhlah pohon beringin anda di tempat yang teduh dan agak lembab dan boleh dibilang jarang terkena matahari langsung.
      2. Balutlah cabang dimana anda menginginkan tumbuh akar, balut dengan tanah yang mempunyai unsur hara tinggi. Cara ini memakan waktu lama dan biasanya jika belum biasa melakukannya cara ini riskan sekali gagal.
      3. Keluarkan akar pokok dari dalam pot dan biarkan menjalar kemanapun dia mau, setelah tanaman tumbuh subur pasti akan keluar akar udara yang anda maksud.

      SEMOGA MEMBANTU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: