Penjing   15 comments

Istilah ini sangat kental dengan dunia bonsai, bahkan orang awam layak mengatakan bahwa penjing adalah bonsai. Namun menurut saya, mereka sah sah saja mengatakan bahwa penjing adalah bonsai tiada lain karena ketidak tahuan mereka.

Namun dibalik itu semuanya, Penjing pun pada dasarnya adalah bonsai juga dengan mendapatkan sentuhan sentuhan khusus dan ada penambahan ornamen yang membuat penampilannya sedikit berbeda dan terkesan pada nuansa alam.

Jika orang melihat Penjing, maka secara otomatis orang tersebut akan hanyut terbawa alam pikiran menerawang menuju ke suatu tempat, ke suatu waktu dimana dia (orang yang melihat) pernah melihat atau ber imajinasi berada disana.

Ornamen Ornamen Penjing

Ornamen penjing sangat bervariatif, biasanya kolam atau sungai adalah sebuah hal yang sangat wajib ada pada penjing. Ornamen batu pun tak kalah penting dalam penjing, biasanya ornamen batu ini ditempatkan pada batas antara kolam dan tanah tempat bonsai tumbuh.

Ornamen rumah rumahan dan orang atau binatang, biasanya selalu menyertai kesendirian pohon.

Pada gambar diatas anda bisa melihat bahwa nuansa alam sangat kental terlihat, pesona pohon terlihat sangat menyatu dengan keberadaan sungai yang menyertainya. Pada seni penjing, kreasi anda dituntut meniru kondisi alam. Anda dituntut menjadi “arsitek alam buatan” yang dibuat miniatur.

Komposisi penjing tetap mengacu pada ukuran dan keserasian tanaman yang dipakai, jangan sampai ukuran manusia menjadi sangat besar karena akan merusak keindahan penjing itu sendiri.

Posted April 11, 2010 by nugi234

15 responses to “Penjing

Subscribe to comments with RSS.

  1. wah.. Keren, kalo bisa sertakan gambar2 lain donk, sy lagi belajar penjing, skrg lagi pake bahan mirten, bisa tidak mirten dibuat penjing?

    • Masalah gambar nanti saya posting lagi buat semuanya. Meerten ( Myerten) cocok sekali dibuat untuk penjing termasuk dari kelas ficus (beringin), nuansa yang paling cocok adalah nuansa pegunungan dan bukit karang seperti di China.
      Sering sering mampir ke blog ini ya…. siapa tahu masih ada yang anda perlukan nanti nya.

  2. salam bonsai gan……mu tnyak nih midia tanam apa yg di gunakan untuk membuat penjing bonsai,karna penjing indentik dgn media yg sedikit…makasi gan…salam.

    • Mas Ong Bondowoso,,,Mo koreksi dikit nih, mudah mudahan bisa terima. Penjing itu tidak identik dengan media tanam yang sedikit, cuma karena pot yang dipakai emang harus tipis sampai agak tipis dengan maksud agar tidak kehilangan nuansa panoramanya. Namun bukanlah artinya penjing itu harus ber media tanam minim Boss.
      Media tanam penjing adalah bisa sama dengan bonsai, yaitu dengan media pasir malang + pupuk kandang atau kompos yang sudah dingin. Namun banyak juga orang yang mempunyai penjing dengan memakai media tanam tanah biasa, dan ketika saya tanya apa fungisnya, mereka bilang ” tanah biasa itu cepat padat dan cepat juga mengeras hingga akar tidak terlalu cepat menyebar dan dengan demikian bentuk pohon pun tidak cepat berubah, sekalipun demikian pupuk tetap diberikan walau dengan dosis kecil “.
      Semoga jawaban ini bisa memberikan sedikit ilmu untuk anda Mas Ong…
      Salam buat keluarga…

  3. ok..mas nugi trims.. semuga ilmu yg sedikit ini menjadikan karya seni yg luar biasa & akan saya coba dgn bahan yg mudah saya dapat yaitu sancang,….Oya di daerah saya bonsai sancang kok rentan mati setelah ganti media,dan sekarang teman2 sudah kurang menyukai sancang,….mungki juga ada masukan dari mas nugi untuk perawatan pohon yg satu ini……ok gan makasi banyak salam sejah tera dari kota tape bondowoso.

    • Mas Ong Bondowoso
      Mungkin ketika dilakukan pruning akar. kondisi pohon sedang tidak baik atau kurang sehat, lakukan pruning akar dan pemangkasan daun ketika pohon sehat saja yang ditandai dengan suburnya pohon mengeluarkan daun.
      Dan satu hal, lima hari setelah di pruning akar pohon jangan langsung dipanaskan dulu Boss…lebih baik lagi di tutup plastik transparan seluruhnya (dari ujung daun sampai bawah pot ), dan plastik dibuka setelah muncul tunas baru sebesar kuku kelingking.
      Semoga keterangan itu bisa membantu, salam buat rekan rekan di Bondowoso.

  4. Ok lakalaubegitu,tapi maaf mas saya banyak tanya…(pepatah bilang malu ber tnya sesat di jalan) bukannya jadi bonsai malah jadi kayu bakar…..oya ms nugi punya face book klok ada kasi tau nama penggunanya,nanti tak konfermasi,klok saya ada dngn nama Oscar bonsai,…..trims banyak

  5. Untuk Media Tanam…
    Sebagai saran: idealnya pada fisiologi tanaman tersebut, karena setiap jenis tanaman beda medianya..Nah kemudian mengkondisikan/training dengan trial and error, karena memang dibutuhkan POT yang tipis agar dapat menampilkan panoramanya secara ideal..
    trims

  6. salam kenal dulu….saya suka dengan seni penjing,tolong gambar-gambarnya…

  7. salam kenal dari samarinda, ujungnya mau nanya nih bos gimana bikin daun sentigi bisa menjadi datar dan kecil dan kapan waktu yg tepat buat trainnya krn tanaman sentigi ini kalau salah2 cabang bisa mati kering trims

  8. kang Nugi yth. kumaha damang? salam kenal heula ti abdi pun Asep Sugihartana ti Banjar. Saya suka sekali penjing, kapan-kapan saya mampir buat konsultasi, oke?

  9. Salam kenal dari Aceh mas Gie… saya suka dan sedang belajar mengenal Bonsai, semoga bisa menimba ilmu dari mas Nugi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: