Bonsai Bunjin   7 comments

Bonsai dengan gaya bunjin adalah Bonsai yang penuh dengan filosofi khas sebuah bonsai yang sedang “merana” diterpa kehidupan alam yang keras. Gaya bunjin ini tidak ada ketentuan khusus yang menyertainya, gaya ini memberikan inspirasi bagi anda untuk berkarya lebih dalam mengenai filosofi bonsai.

Bunjin berpenampilan sederhana, batang yang bisa tegak ataupun agak miring dengan daun hanya berada di ujung pohon paling tinggi. Gaya ini bisa juga digabungkan dengan pahatan (Jin) yang dipadukan dengan keserasian di alam, jadi dalam hal ini anda sebagai pembuat kreasi harus melihat terlebih dahulu keadaan tanaman yang tumbuh di alam dengan gaya Bunjin ini. Beberapanya akan saya perlihatkan pada anda.

( Bonsai ketika pertama kalinya ditemukan untuk kemudian dibentuk menjadi bonsai bergaya bunjin )

( Pohon yang akan dibentuk sebaiknya diliarkan terlebih dahulu sambil anda melihat lihat bagaimana sebetulnya bentuk dan filosofi bunjin di alam )

( Lakukan perawatan seperti pemangkasan seperlunya saja, lakukan dengan segala penuh perhatian dan tuangkan seluruh ide anda yang didapatkan ketika mencari identitas bunjin di alam )

( Lakukan perbaikan terus menerus dengan mengacu pada bentuk Alam )

( Fokus pada pembentukan TOP terlebih dahulu untuk membuat dasar Bunjin )

( Bentuk dasar Bunjin yang sudah terlihat )

( Lakukan Prunning daun untuk menghasilkan ukuran daun yang lebih kecil )

( Pemeliharaan yang baik akan menghasilkan Bonsai bunjin yang berkualitas tinggi )

( Akhirnya kesempurnaan bentuk bunjin terlihat sudah )

Bonsai bergaya bunjin kadang memang suka dianggap enteng, ketika pertama kalinya anda melihat bonsai ini biasanya akan dilewati begitu saja. Namun ketika anda melihat untuk yang kedua kalinya maka anda akan merasakan sesuatu yang berbeda, ada satu nilai plus khusus untuk bonsai bergaya ini.

Ketika anda melihat untuk yang kedua kalinya bonsai dengan gaya bunjin, maka anda akan terpesona. Membuat bonsai bunjin mungkin terlihat mudah, sehingga dianggap enteng dalam setiap penglihatan kita. Namun hal itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda akan sedikit kerepotan dengan nilai dan makna yang terkandung di dalamnya. Bunjin memang bisa dibuat dengan hanya beberapa meter kawat saja, namun jika anda tidak mengerti dengan pohon berkarakter bunjin ini, apa yang akan anda hasilkan akan berubah menjadi bonsai bergaya slanting.

Pada Kesempatan ini saya juga menyertakan kembali beberapa contoh untuk bonsai bergaya BUNJIN, semoga bisa menjadi sedikit menambah khasanah perbendaharaan bentuk bonsai bunjin anda…

Kiranya sebuah pekerjaan rumah untuk anda yang mempunyai cita rasa seni tinggi dalam pembuatan sebuah bonsai, silahkan anda cari tahu bentuk filosofi bunjin yang sebenarnya. Bagaimanapun juga bentuk bunjin yang anda hasilkan akan sesuai dengan bentuk bunjin menurut “Emosi” anda.

Apapun bentuk bunjin yang anda hasilkan adalah merupakan cerminan dari pemahaman anda tentang bunjin di alam, oleh karena itulah, diatas tadi sempat saya singgung agar anda lebih banyak mengetahui bentuk dan filosofi bunjin di alam dengan bekal beberapa gambar bunjin yang saya sertakan.

Akhirnya saya ucapkan, semoga kreasi anda bisa menjadi sebuah bonsai yang bernilai seni sangat tinggi. Teruslah berkarya di dunia bonsai, jangan patah arang dan sukses selalu. Amin.

Posted Maret 19, 2010 by nugi234

7 responses to “Bonsai Bunjin

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya tertarik sekali dengan tulisan bapak.. bunjin sebuah perpaduan imajinasi kerusakan alam, penderitaan dan seni..pertanyaannya:
    1. bagaimana mendpatkan inspirasi itu?
    2. bagaimana mengolah/berpikir filosofi, sehingga kita lebih dalam, sehingga bonsai bunjin karya kita bisa bisa diapresiasi orang lain
    trims..bravo ppbi tasik malaya!!

    • Untuk mendapatkan inspirasi itu,anda bisa “terbang” ke alam. diamlah dan saksikan pohon itu dengan sangat teliti dan penuh kekaguman,niscaya,,,inspirasi itu akan datang dengan tiba tiba.
      Untuk bisa mendapatkan filosofi sebuah pohon, selain kita harus tahu tumbuhnya seperti apa pohon tersebut di alam, kita juga harus bisa mengungkapkan isi hati kita mengenai pohon itu sewaktu melakukan training atau pengkawatan serta pemeliharaan bonsai tersebut. yang penting,tuangkan emosi kita tentang pohon itu. Buatlah bonsai bunjin menurut emosi anda, namun tetap dengan mengacu kepada kaidah dunia bonsai.
      Trim`s sudah berkunjung, bila masih ada pertanyaan silahkan kembali lagi. Jika boleh, saya bisa minta foto bonsai anda untuk saya posting di blog saya? terima kasih.

  2. thanks brother..segera dikirim.

  3. apa yang dimaksud dengan akar/kaki sempurna pada bonsai?

    • Yang dimaksud dengan akar/kaki yang sempurna adalah bentuk perakaran yang terlihat menonjol/keluar dari permukaan tanah yang menyebar secara merata ke semua penjuru pot. Itu sangat berkaitan dengan kondisi pohon atau tanaman di alam aslinya, bisa anda lihat sendiri…pohon yang ada di sekeliling lingkungan anda tinggal.
      Akar/Kaki yang sempurna itu bisa kita buat dengan mengadakan program training akar pada bonsai yang anda miliki tapi tentu dengan pot khusus.
      Untuk melakukan training ini yang harus pertama kali anda lakukan adalah membongkar tanaman tersebut (seperti hendak mengadakan pruning akar (pangkas akar), setelah itu anda bisa memberikan alas yang terbuat dari benda yang tidak berkarat (namun jangan berbahan dasar kayu, karena akan lapuk dan itu bisa berupa pirringan aluminium atau kaca) tepat di pangkal akar, usahakan anda bisa menata sedemikian rupa akar tersebut agar menyebar ke segala arah dan setelah itu anda tanam kembali pohon yang telah dimodifikasi akarnya tersebut.
      Maka, perakaran yang tumbuh nantinya akan terbentuk seprti yang sudah anda susun tadi. Dengan demikian diharapkan perakaran atau kaki pohon menjadi kelihatan sempurna.
      Demikian kiranya keterangan dari saya, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada kekurangan.
      Terima kasih telah berkunjung, jika masih ada pertanyaan lagi silahkan hubungi saya lewat email di TaufanAsti@yahoo.co.id atau di nugi_lintasarta@yahoo.co.id.

  4. satu kata …. kurang bagus

    • Terima kasih mas Arif…
      Namun itu semua adalah seni Bonsai, dimana orang bebas menyalurkan aspirasinya selama itu tidak bertentangan dengan kaidah bonsai.
      Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: