Cemara   8 comments

Cemara

Membicarakan tanaman yang satu ini, kita akan langsung menegakkankepala untuk mendengarkan narasi cerita. Wajar dan lumrah hal itu terjadi, Cemara merupakan bonsai dengan kelas gengsi yang sangat tinggi. Seperti halnya pohon pinus, cemara juga bisa tumbuh dari dataran tinggi sampai ke bibir pantai. Pohon ini jika dikupas kulitnya akan tercium bau harum yang menawan, bahkan ada salah satu perusahaan parfum ternama dunia mengadopsi “bau” kulit ini menjadi komoditas parfumnya dan ternyata sangat laku dipasaran.

Nama Cemara sebetulnya merupakan nama spesies, cemara banyak dikenal oleh masyarakat awam dengan bentuk cemara pohon natal ( Cemara Duri : Juniperus Rigida ). Pada kenyataannya di alam terdapat banyak sekali jenis pohon cemara, misalnya : Cemara duri, Cemara angin, Cemara embun Dan lainnya. Namun pada dasarnya kadang mereka juga salah memberikan nama untuknya. Kesalahan ini sangat terlihat ketika kita mengatakan CEMARA UDANG. Yang sebetulnya CEMARA UDANG adalah merupakan induk dari cemara cemara yang ada dan kita kenal sekarang ini. Mari kita bandingkan dengan menelusur GARIS KETURUNAN nya.

Kingdom : Tumbuhan

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Fagales

Famili : Casurinaceae

Genus : Casuarina Allocasuarinna, Casuarina Casuarina, Casuarina Ceuthostoma, Casuarina Gymnostoma, Casuarina Equisetifolia (Cemara Udang)

Sedangkan Cemara yang kita kenal adalah berasal dari keluarga Pinaceae, dan turunannya barulah ke Keluarga Juniperus.Mungkin anda sedikit bingung dengan apa yang saya terangkan ini, namun begitulah adanya. Lantas kita harus menyebutkan “cemara udang” dengan kata apa kalau dia bukan berasal dari keluarga cemara? Nah itulah PR untuk para ahli botani yang nampaknya sedikit ogah ogahan untuk meneliti pohon ini karena memang turunannya sangat sangat kompleks dan mata rantai keluarganya banyak sekali.

Cemara mempunyai tekstur kayu yang sangat keras dibandingkan dengan pinus, dan satu keindahan cemara yang tidak dipunyai pinus adalah serat kayu yang melingkar lingkar dengan indahnya, dengan tekstur yang keras maka kayu pohon ini sangat mudah untuk dilakukan pembuatan “JIN”. Kerapatan urat kayulah yang membuatnya mudah untuk dilakukan JINNING pada kayunya.

Cemara mampu hidup sampai ribuan tahun lamanya, bahkan anda sendiri takkan percaya jika pohon jenis ini mampu hidup dari mulai akhir jaman es sampai sekarang. Anda perlu bukti? Spesies Ione Spruce ditemukan di provinsi Dalarna negara Swedia disekitar semak semak pegunungan, Pohon ini banyak tersebar disana. Walaupun tingginya hanya sekitar 4,5 Mtr saja, umur pohon dibawah ini berusia sekitar  9551 Tahun.

Umur pohon ini merupakan pohon paling tua dan mengalahkan pohon pinus Britlecone di White Mountain California yang masih ada sampai sekarang, yang “hanya” berumur 5002 tahun. Pinus Britlecone tertua yang ditemukan dan “wafat” beberapa tahun lalu “hanya” berusia 7522 tahun “saja”. Sedangkan pohon cemara tertua di jepang yang disebut sebagai Jomon Sugi

yang ditemukan pada tahun 1968 dengan tinggi 25,3 Mtr, berusia sekitar 7200 tahun “saja”. Berbeda dengan Britlecone dibawah ini yang berumur hanya 4200 tahun “saja”.

Dari keseluruhan tanaman tersebut, media yang ada disekitarnya adalah berkapur dan berpasir serta air tanah yang tidak terlalu dalam. Ph sedikit asam. Cemara mampu berumur panjang karena dia mampu mengkloning dirinya sendiri dengan cara mengganti batang atau cabang yang mati dengan yang hidup, salah satu tanaman hebat tentunya.

Bentuk bonsai untuk tanaman dari jenis ini adalah bebas tak terbatas, karena dialam pun banyak sekali pohon jenis ini hidup dengan gaya bonsai yang hampir mustahil ada. Beberapa Bonsai berkelas dari jenis Cemara akan saya posting disini untuk anda.

Nah para pembaca sekalian, mohon maaf jika ada kesalahan keterangan dan penulisan. Semoga ilmu yang hanya seperti sebutir pasir ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya.

Terus berkarya dan semoga sukses. Amin

Salam

Nugi Nugraha

PPBI Cab Tasikmalaya

Posted Maret 20, 2010 by nugi234

8 responses to “Cemara

Subscribe to comments with RSS.

  1. gan kalo cemara wangi nama latinnya apa?

  2. Saya penggemar cemara, senang membaca artikel yang bapak tulis, saya sudah nanam pinus, mau nanam cemara laut juga, apa di dataran tinggi bisa hidup, tks.

    • Terima kasih atas kehadirannya di blog saya yang sederhana ini, Untuk pohon pinus habitatnya memang sangat cocok hidup di dataran tinggi. Untuk Cemara, sama juga habitat mereka menyukai daerah yang beriklim sejuk. Cemara Udang ( Casuarina equisetifolia ) juga bisa hidup dan beradaptasi baik di daerah dataran tinggi walau dengan beberapa perubahan seperti daun yang akan menjadi sedikit lebih tebal.
      Demikian, semoga bermanfaat….

  3. Gan apakah juniperus chinensis dan cemara pua pua itu sama gan? Soalnya ada beberapa artikel di internet yg menjelaskan kalau cemara puapua nama latinny juniperus chinensis?

    • Beda kang, mari kita buktikan dengan cara fisik…
      Juniperus chinenssis jika di remas daunnya lembek, hal ini berbeda dengan cemara pua…daun nya kasar dan agak menusuk kulit juga.

  4. Siang kang Nugi,saya joe dr jogja,salam kenal kang!
    Saya seorang pecinta cemara dan beringin,sedari kecil saya bgitu kagum dgn kedua jenis kelas pohon ini,gagah dan eksotis baik dr sisi estetikanya dan filosofisnya,oh ya saya seorang pelukis dan fotografer yg lebih banyak mengangkat objek pohon dan alam sebagai objek tunggal dalam landasan berkarya saya,dan bonsai menjadi salah satu keinginan saya yg baru saja terwujud sekitar 3 tahunan lalu.Saya biasanya membeli bibit,bakalan,atau menanamnya dari biji atau bahkan meminta dari seseorang,dan biasanya saya langsung menanam bibit2 calon bonsai tersebut di pot yg lebih besar dan menggunakan media yg subur,dgn tujuan agar bibit ini tumbuh besar dulu atau memperlihatkan potensinya untuk menjadi sebuah bonsai dulu,baru saya bisa mulai melakukan treatment bonsai disitu.Tapi untuk beberapa bibit seperti kemuning dan kawista biasanya saya sudah melakukan pengawatan dini,mengingat potensi yg mereka tunjukan di fase tumbuh mudanya sudah sangat baik untuk segera dibentuk.Pertanyaan saya kang,apakah langkah yang saya lakukan sudah benar?Karena ketika bertanya sana sini saya banyak mendapatkan sekali jawaban yg berbeda,sampai akhirnya saya lebih yakin dgn pengamatan pribadi saya sendiri,mohon pencerahanya kang Nugi,terima kasih

    • Training pohon malah lebih bagus di usia pohon dini ( Muda ) karena Wiring lebih mudah dan pembengkokan cabang atau dahanpun tidak beresiko, pembentukan semenjak muda lebih baik karena di ketiak cabang yang dibentuk akan menghasilkan bentuk ketiak yang bagus seperti pohon di alam. Kemuning dan Kawista bisa dibentuk dari dini karena kedua pohon ini sudah menunjukkan performa yang bagus, apalagi jika pohon tumbuh subur. Namun, usahakan ukuran daun diperkecil,,,bisa dengan cara di prunning atau diberi tindakan stress air.
      Namun untuk melakukan tindakan Prunning dan Stress air jangan di lakukan di usia muda karena akan mempengaruhi pesatnya pertumbuhan tanaman. Lakukan Prunning ketika Pohon sudah berusia sekitar 3 tahun di POT, hal ini untuk mengurangi stress berat terhadap pohon yang bisa mengakibatkan pohon menjadi mati.
      Terus berkarya Mas Joe….Hasilkan yang terbaik agar kami bisa bangga….
      Salam Bonsai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: