Ficus ( Kelas Beringin )   12 comments

Beringin,,,ya, sebuah spesies tanaman yang telah banyak sekali kita ketahui. Tahukah anda bahwa dalam dunia bonsai, pecinta bonsai yang masih pemula biasanya menyukai beringin sebagai pilihannya. Kenapa ? Menurut mereka, beringin mudah dibentuk dan mudah sekali pertumbuhannya.  Pemula menyukai pohon ini karena sifatnya yang bandel dan tidak menuntut lingkungan untuk dia hidup kaya akan hara, tidak rewel dalam pengurusan. Selain itu keunggulan pohon beringin adalah mudahnya ranting dibentuk sedemikian rupa, sesuai kehendak yang membuat.

Namun, tahukah anda bahwa sebetulnya membuat bonsai dari beringin adalah paling sulit ? Alasan ini saya kemukakan karena banyak sekali orang yang menganggap bahwa membuat bonsai dari beringin sangat mudah. Coba anda buat sendiri bonsai beringin yang sesuai kriteria, busyet dah susah banget. Balancing antara tajuk dengan tinggi pohon lah yang biasanya membawa masalah, selain itu kadang juga si beringin ini malas mengeluarkan ranting atau cabang.  Jika tanah dalam pot subur, maka akan tumbuh ranting banyak sekali. Namun ketika tanah menjadi subur, daun menjadi membesar dan ini mengakibatkan ketidak sesuaian bentuk bonsai.

Ficus retusa, Ficus Microcarpa, Ficus Benyamina dan Ficus glauca hanya merupakan sebagian kecil pohon dari kelas ficus. Di alam liar masih banyak ficus ficus lain yang masih menunggu sentuhan. Oleh karena itulah, ketika anda mendengar kata kata Ficus, jangan lantas dalam fikiran anda itu membayangkan sebuah pohon beringin. Beringin hanya merupakan salah satu Species saja. Untuk jelasnya saya sertakan beberapa Foto foto bonsai dari kelas Ficus.

Keren, angker, membuat mata kita terbelalak takjub. Perakaran yang kokoh menopang penampilan bonsai ini.

Dapatkah anda membayangkan jika pohon ini betul betul besar ? apakah yang akan anda lakukan dibawah pohon tersebut ? Tidurankah ? atau ?

Tangan tangan dan jari jari pohon ini sempurna, nah,,,apakah anda bisa melakukan ini ? Saya yakin jika anda rajin melakukan pemeliharaan yang optimal, hasilnya akan menjadi seperti ini.

Bonsai ini adalah dari kelas Ficus Retusa.

Lihatlah perakaran yang kokoh..

keren…

Ok, Postingan gambarnya akan saya tambahkan lagi nanti.

Posted April 16, 2010 by nugi234

12 responses to “Ficus ( Kelas Beringin )

Subscribe to comments with RSS.

  1. Pagi ini saya baru menemukan blog PPBI cab TasikMalaya, terus terang saya kagum dgn blog anda, artikel dan gambarnya cukup bagus/cukup mendidik dan informatif. Saya merindukan sebuah situs Bonsai Indonesia yg bagus dan informatif serta edukatip semisal situsnya IBC, dengan segala macam pembahasannya serta mudah untuk menjadi anggota serta posting pics, dimana para pakar membagi-bagi ilmunya dgn para pencinta bonsai apapun kelasnya, semoga Indonesia juga bisa membuat situs serupa…!
    Maju terus…!

    • Jangan terlalu memuji Brother, ini semua saya persembahkan buat para penggemar Bonsai Indonesia maupun luar negeri. Dengan niat tulus saling berbagi ilmu…Senantiasa saran dan ktirik saya terima dan akan saya aplikasikan pada blog ini. Karena blog ini bisa menjadi besar pun karena awalnya banyak kritik disana sini nya….
      Maju terus Bonsai Indonesia… Amin

  2. wow… lengkap dan keren isi blog anda bro,, tambah lagi liputannya bro ,, terutama kontes lokal dan luar negeri.
    Salam bagus-bali

  3. Semuakren abiss deh, Saya ingin kembali menghidupkan hobbi saya dari sejak SMP dulu, hehehe….salam kenal semuanya

  4. saya punya bonsai beringin, tapi bagaimana ya biar daunnya mengecil. apa beringin ada jenis yang berdaun besar dan kecil..untuk yg berdaun besar apa mungkin dikecilkan, seperti sancang…

    • Beringin ( Ficus Benyamina ) Sangat bisa dibuat berdaun kecil, bahkan bisa sangat kecil. Banyak sekali cara yang bisa diadopsi, mulai dengan pengeringan media tanam sampai ke cara menggunting daun menjadi kecil.
      Pada dasarnya agar menjadi kecil, anda harus bisa mengurangi unsur hara yang masuk ke daun. lakukan pengeringan media tanam hingga daun agak mulai layu, kemudian siram seperti biasa. Biasanya daun kemudian menguning lalu jatuh, dan setelah itu akan muncul tunas yang biasanya ukurannya agak mulai mengecil. jangan lakukan ini terus menerus, berikan selang waktu agar pohon menjadi prima dulu beberapa saat, setelah itu bisa anda lakukan kembali hal diatas hingga anda mendapatkan ukuran daun yang dikehendaki.
      Semoga membantu….Saudaraku.

  5. EXCITED……..

  6. tidak ada kata lain selain LUAR BIASA,,, ILHAM PRANIDONA LOMBOK, PECINTA BONSAI ALIAS BONSAI LOVER

  7. mantap benar benar bermanfaat buat saya khususnya yang baru belajar menekuni bonsai

    • Terima kasih Kang Eka….
      Kita pecinta seni bonsai,,pada dasarnya terus belajar karena dalam dunia bonsai seninya tidak pernah selesai. Mungkin inilah satu satunya karya seni yang tidak pernah selesai.
      Salam Bonsai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: