Jambu Kerikil   2 comments

Siapa orang yang tak tahu dengan pohon yang satu ini ? Perasaan saya gak mungkin sampai ada orang yang tidak tahu pohon jambu ini. Pohon ini termasuk ke dalam famili pohon jambu (Psidium), orang luar negeri menyebut jambu ini dengan nama Pink Gravel.

Pohon jambu biasa disebut kelutuk, beyawas,tetokal,tokal (jawa),jambu bender (madura). Pohon Jambu biji mempunyai kekuatan tumbuh yang sangat kuat, bahkan tanaman ini mampu hidup pada celah tembok yang kering,keras dan gersang.Jambu kerikil merupakan mutan baru yang tenar pada akhir akhir ini.

Jambu kerikil sangat cocok dibuat untuk menjadi bonsai karena dukungan bentuk daun yang kecil dan banyak serta rapat pertumbuhannya. Percabangan yang sempurna dan bentuk batang yang indah serta mempesona, membuat pohon ini manis untuk pajangan di dalam ruangan. Pohon jambu bisa berbuah sekalipun dibuat bonsai, hal ini membuat sangat menarik perhatian para penggemar bonsai. Hingga akhir akhir ini pohon jambu kerikil sangat tenar untuk dibuat menjadi bonsai yang indah.

Pohon jambu kerikil menghendaki tanah yang porous dan berpasir agak banyak untuk bisa menyebarkan akar dengan cepat. Pertumbuhan yang cepat mebuat kita cepat pula menikmati hasil dari seni bonsai kita. Di alam, batang pohon jambu ini sangat lentur dan kuat sekali.

Buah jambu ini sangat manis, terkadang kita menjumpai buah jambu merah, buah ini sangat baik untuk obat menaikkan trombosit hingga banyak disarankan oleh para dokter.

Selamat berkreasi dengan pohon jambu, untuk bonsai anda.

Posted Maret 22, 2010 by nugi234

2 responses to “Jambu Kerikil

Subscribe to comments with RSS.

  1. Gambarnya mana Booos?…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: