Wind Sweept   2 comments

Sebuah gaya yang mungkin asyik untuk dinikmati adalah gaya tertiup angin (windsweept), sebuah aliran gaya bonsai yang “real” mengacu pada bentuk alam dengan kebebasan ekspresi yang tidak terbatas. Bentuk cabang utama dan dahan serta ranting pada gaya ini tidak terbatas, bahkan liukan batang utama dan dahan adalah hal yang harus anda tonjolkan.

Lekukan batang utama dan dahan adalah ekspresi yang nyata dialam sekaligus menampilkan “kesengsaraan” yang membawa keindahan. Untuk membentuk pohon ini menjadi windsweept yang baik, maka anda wajib untuk mengetahui dasar pembentukkan pohon tersebut di alam hingga terbentuk seperti itu.

Sesuai namanya, gaya ini adalah gaya seni bonsai yang mempertontonkan keindahan pohon yang tertiup angin. Seperti kita ketahui, biasanya angin bergerak secara sembarang di alam terbuka seperti padang rumput, namun ini akan berbeda ketika kita berada di daerah pantai dimana angin biasanya berhembus dari dua arah saja, dari laut dan dari darat. Oleh karena itu, pemilihan pohon yang akan dibuat menjadi tertiup angin juga harus disesuaikan dengan karakteristik pohon, apakah dia hidup di hutan, dipantai, atau dipadang rumput.

Jika kita mempunyai bakalan bonsai yang mana pohonnya adalah “penghuni” alam pantai, maka bentuk “windsweeptnya” cukup mengarah ke salah satu sisi. Jadi mulai dari batang utama, dahan dan ranting mengarah ke salah satu sisi saja. Inspirasi ini bisa anda dapatkan jika melihat tanaman pantai yang tumbuh di atas batu karang, perhatikan bentuknya.

Ini berbeda dengan pohon yang tertiup angin di padang rumput, batang utama yang paling bawah (kira kira ¼ tinggi pohon) bisa ke kanan dulu, baru kemudian ditarik ke kiri. Kemudian setelah batang tersebut ditarik ke kiri, mulailah mengadakan “training” dahan dan ranting yang mana arah cabang dan ranting tersebut menunjuk hanya ke satu tempat (ke tempat arah angin me-niup).

Namun tentu saja patokan tersebut diatas tidak baku, karena alam bisa saja membuat segalanya menjadi berbeda. Namun ketika anda mengekspresikan emosi anda untuk membuat bonsai windsweept ini, maka anda harus tetap berpatokan kepada kemana arah angin bertiup kesanalah batang,cabang dan ranting meliuk.

Selamat berkreasi

Posted April 14, 2010 by nugi234

2 responses to “Wind Sweept

Subscribe to comments with RSS.

  1. Salam kenal. Mohon infonya. Jenis pohon apa saja yang bisa dengan gaya windswept? apakah jenis ficus boleh dengan gaya ini?

    • Mas Kurniawan,
      Semua Jenis pohon bonsai bisa mempergunakan Gaya Wind Sweept ini, Filosofinya adalah…seluruh jenis pepohonan bisa tumbuh di lereng bukit terjal atau di puncak gunung batu dimana angin bertiup sangat kencang yang pada akhirnya mempengaruhi arah tumbuh pohon. Namun untuk jenis ficus, kita harus sedikit ber-main main dengan akar gantungnya agar tidak menjadi rancu bila dilihat…. dan ini bisa menjadi permainan imajinasi anda, silahkan anda bisa ber eksperimen dengan batu yang agak menjulang (-/+ 50 Cm) dan tempatkan pohon di puncak batu tsb. Bentuklah semua percabangan dengan condong hanya kepada satu arah saja, selanjutnya,,,,silahkan anda berimajinasi…
      Terima kasih telah berkunjung, salam untuk keluarga Mas…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: